0

Aktivitas wisata ke Dieng

Berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan selama wisata ke Dieng

Menyaksikan aktivitas vulkanologi di Kawah-kawah Dieng

Jika ditanya, tempat wisata mana yang paling disukai di Dieng ? pasti akan ada banyak jawaban dari wisatawan. Yah, keberadaan kawah-kawah di Dieng menjadi salah satu obyek wisata yang paling diperhitungkan.

Disini Kamu bisa menyaksikan aktivitas vulkanologi, letupan air kawah dan sulfatara yang dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan.

Beberapa kawah di Dieng yang aman dikunjungi, seperti kawah Sikidang, kawah ini merupakan kawah kondang yang dipenuhi oleh legenda-legenda menarik yang perlu ditelisik.

Tak-hanya kawah sikidang saja yang dikunjungi ketika wisata ke Dieng. Kamu akan menyaksikan kawah yang sangat luas yaitu kawah sileri. Kawah ini terletak di sebelah barat area Dieng Plateau.

Landscape menawan di sekitar kawah sileri menanti sobat dolaners untuk menghapus rasa penasaran tentang fenomena alam paling unik di Dieng.

Menelusuri pesona telaga-telaga Dieng

Dieng kaya akan sumber daya alamnya terutama aneka ragam telaga-telaga cantik yang terdapat di lereng-lereng pegunungan. Kamu akan di manjakan dengan pesona telaga-telaga alam diantaranya keindahan Telaga Warna, Telaga Pengilon Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Swiwi dan Telaga Merdada.

Kamu diajak wisata ke Dieng dengan menelisik beberapa telaga ternama di negeri kahyangan tersebut. Saat pagi hari setelah menikmati Golden Sunrise Sikunir Kamu akan disuguhi landscape Telaga Cebong yang berlokasi tepat di kaki Bukit Sikunir.

Tak hanya itu Kamu juga akan dolan-dolan santai ke kawasan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Ada banyak spot objek dari Bukit Sidengkeng maupun Batu pandang dengan mendaki Bukit selama 20 menit.

Bagi Kamu yang enggan maupun karena terhalang hujan yang mengakibatkan tidak memungkinkan untuk mendaki bukit, Kamu bisa mencecap keindahan alam Telaga Warna dan Pengilon dengan menelusuri jalan setapak dengan medan flat di area Telaga Warna dan Pengilon tepat dari tepi telaga.

Semua telaga-telaga cantik di Dieng tercipta karena adanya letusan gunung berapi maupun air dalam bumi yang terpanaskan maka kami tim dolan-dolan Dieng akan membawa Sobat Dolaners untuk menilik lebih dekat keindahan telaga-telaga di Dieng Plateau.

Napak tilas peninggalan-peninggalan kuno

Tak hanya pemandangan alam saja yang bakal Kamu dapatkan ketika wisata ke Dieng. Berbagi pengetahuan sejarah akan kamu dapatkan. Lahan yang luas berupa sejarah menanti kunjunganmu disana.

Dieng merupakan bekas peradaban besar yang menguasai wilayah ini. Dapat kita lihat dari peninggalan-peninggalan sejarah kuno seperti candi-candi dan arca-arca masih berdiri tegak di Tanah Dieng.

Kamu akan di ajak untuk napak tilas peninggalan-peninggalan kuno yang berupa Candi. Candi-Candi yang berdiri di tanah Dieng semuanya beraliran Hindu.

Anda komplek darma sala sebagai rumah orang dulu, dan cand-candi tempat Ibadah diantaranya candi Arjuna, Candi Semar, Candi srikandi, Candi Puntadewa, Candi sembadra, Candi Setiaki, Candi Gatutkaca, Candi dwarawati dan Candi Bima. semua peninggalan-peninggalan kuno dinanti untuk sobat dolaners kunjungi.

Semua peninggalan-peninggalan hindu kuno tentunya tak lepas dari keadaan alam sekitar. Kamu akan menemukan keindahan sejarah yang terangkai dengan keindahan alam pegunungan Dieng yaitu di Komplek Candi Arjuna.

Disinilah titik pokok kunjungan wisata ke Dieng. Bukan hanya napak tilas candi-candi kuno di Dieng saja yang di dapat keindahan alam sekitar yang menawan juga akan di dapatkan.

Komplek candi ini teletak tepat di tengah-tengah kawasan Dieng Plateau yang di kelilingi aneka perbukitan diantaranya Gunung Pangonan, dan perbukitan lainnya bahkan Gunung Prau dan Gunung Sindoro yang gagah.

Mengarungi lembah sumurup dengan menjelajah savananya

Taukah Kamu? Salah satu agenda tour ke Dieng yaitu dengan berjelah di padang savana mengarungi lembah sumurup tepatnya. Padang savana Dieng memang menjadi salah satu tranding topic bagi wisatawan yang mengikuti paket wisata ke Dieng yang sudah di kemas secara menarik oleh tim kami.

Saat mengarungi lembah sumurup dengan menjelajah savananya, Kamu akan diajak menyusuri jalan setapak lembah bukit pangonan disinilah kamu akan merasakan adventure sejati dan terlihat disana gumpalan asap putih membumbung tinggi tak lain adalah Kawah Sikidang.

Rasakan suasana damai, hening diantara pohon akasia yang rimbun menemani perjalanan sobat dolaners di sisi kanan-kiri jalan setapak.

Setelah sekian lama mendaki jalan setapak perbukitan, Kamu akan mendapatka hadiah terindah yaitu pemandangan lembah sumurup luar biasa dan sangat menakjubkan.

Hamparan rerumputan luas yang memamerkan warna-warna khasnya seprti hijau, kuning maupun coklat terpancar atau murup di kawasan ini.

Pepohonan akasia yang rimbun juga ikut memberikan nuansa keindahan di area ini.Sobat dolaners bisa berlari, berteriak kencang bahkan bercanda. Banyak area maupun spot objek yang dapat di temukan sobat dolaners dalam rangka pengabadian moment terindah ini.

Mengarungi lembah sumurup dengan menjelajah savananya merupakan acara inti dari tour ke Dieng.

Berburu matahari terbit di Puncak Sikunir

Dieng merupakan salah satu daerah pegunungan yang menyajikan berbagai aktivitas menarik dengan lahan yang menantang. Tiba saatnya Kamu mendapatkan pengalaman asik yaitu berburu Sunrise Dieng di Sikunir.

Banyak tempat-tempat terbaik di Dataran Tinggi Dieng sebagai ajang melihat keindahan sunrise diantaranya sunrise yang di lihat dari Bukit Sikunir, Sunrise Gunung Pakuwojo, Sunrise Gunung Prau maupun Sunrise dari Gardu Pandang.

Dari semua tempat-tempat tersebut ada satu yang paling terkenal yaitu Sunrise yang di lihat dari Bukit Sikunir. Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan sebagai desa tertinggi di pulau Jawa masih memasuki bagian dari Dieng dan Kabupaten Wonosobo.

Jangan mengaku sudah ke Dieng kalau belum menginjakkan kaki di Bukit Sikunir. Disinilah kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam Dieng pagi hari saat sang mentari menyapa tampak bangun dari bilikknya.

Petualangan melihat sunrise dari bukit sikunir akan di mulai pukul 03.00 dini hari. Kamu harus sudah bergegas untuk mengejar matahari terbit. Tantangan pertama sobat dolaners akan berjalan mendaki mengarungi Bukit Sikunir dengan medan yang masih alami dan wajib untuk di jajal.

Perjalanan berbatu, berkelok dan menanjak pastinya akan menjadi warna tersendiri di agenda dolan-dolan ke Dieng sesion Berburu matahari terbit di Bukit Sikunir.

Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan mendaki kamu lewati tiba saatnya menentukan spot objek mana yang akan menjadi pijakan saat melihat matahari terbit karena banyak sekali spot objek di puncak bukit ini pastinya tim kami akan memilihkan tempat terbaik bagi kamu semuanya.

Semua lelah akan hilang seketika saat terpesona dengan cahaya golden sunrise bergradasi aneka warna terpancar dilangit saat matahari mulai bangun dari tempat tidurnya. Di situlah kita dapat menyaksikan landscape menawan gunung-gunung besar berderet menyambut datangnya sang mentari yaitu Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan pegunungan-pegunungan Dieng lainnya yang mengitari area bukit sikunir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *